Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

03-02-2017.031716 | Dilihat : 443 x
Pembahasan Rencana Operasional Penelitian Tahun 2017 Balai Litbang Teknologi Agroforestry

 (BPPTA Ciamis, 01/02/2017)_Dalam rangka mengawali kegiatan penelitian tahun 2017 dan pelaporan hasil penelitian 2016, Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Agroforestry Ciamis telah melaksanakan Pembahasan Rencana Operasional Penelitian (ROP) selama 2 (dua) hari tanggal 30 – 31 Januari 2017 di Auditorium Wisma PGRI Ciamis. Pembahasan ROP ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan BPPTA Ciamis pada setiap awal tahun sebelum melaksanakan kegiatan khususnya penelitian.

Acara Pembahasan ROP dibuka langsung oleh Kepala Balai Litbang Teknologi Agroforestry, Bagus Noviyanto, S.Hut., MP. Dalam sambutan pembukaan sekaligus pengarahannya Kepala Balai pertama-tama  menyampaikan apresiasi kepada narasumber yang telah mereview dan mencermati ROP yang akan berjalan. Selanjutnya Kabalai menyampaikan harapan terkait dengan ROP diantaranya adalah terkait dengan Rencana Diseminasi Hasil Penelitian sebagai sasaran antara penelitian mengingat penelitian yang akan berjalan bersifat multiyears.

“Dalam Rencana Penelitian dan Pengembangan Integratif (RPPI) 2015-2019, kita diberi mandat untuk melaksanakan 4 (empat RPPI) yang dijabarkan ke dalam 7 (tujuh) kegiatan penelitian,” jelas Bagus.

“Oleh sebab itu, dalam pembahasan ROP ini aspek substantif ROP saya serahkan sepenuhnya kepada narasumber sekaligus koordinator RPPI untuk mencermati, mengevaluasi dan memberikan masukan-masukan yang korektif. Namun perlu digarisbawahi mengingat penelitian kita bersifat multiyears, maka dalam ROP juga perlu ditekankan tentang rencana diseminasi hasil penelitian sebagai sasaran antara maupun sasaran akhir dari penelitian, ‘kata Bagus menambahkan.

Lebih lanjut Bagus menambahkan bahwa mulai Tahun Anggaran 2018, kegiatan litbang telah mempunyai standar biaya berbasis output penelitian yang diatur oleh PMK 106/2016. Dalam PMK tersebut, dijelaskan bahwa proposal penelitian nantinya akan direview oleh tim yang telah bersertifikat sehingga tim tersebut mempunyai kewenangan untuk menentukan besarnya anggaran penelitian.

Pembahasan ROP 2017 ini disamping dihadiri oleh dua orang narasumber/reviewer sekaligus koordinator RPPI yakni Dr. Eny Widyati dan Dr. Murniati juga dihadiri juga oleh tamu undangan dari stakeholders terkait diantaranya perwakilan dari Widyaiswara Balai Diklat Kehutanan Kadipaten, Penyuluh Kehutanan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bidang III, Perhutani KPH Ciamis serta karyawan karyawati BPPTA Ciamis.

Hari pertama Pembahasan ROP 2017 diisi dengan presentasi empat judul kegiatan penelitian yakni :

  1. PENERAPAN MODEL AGROFORESTRY KAYU PERTUKANGAN JENIS SENGON DAN MANGLID (Aditya Hani, S.Hut., M.Sc dan tim)
  2. PENINGKATAN PRODUKTIVITAS LAHAN DENGAN POLA AGROFORESTRI BERBASIS KAYU ENERGI DI KPHP BATULANTEH SUMBAWA (Muhamad Siarudin, S.Hut., MT., MMG dan tim)
  3. PENERAPAN MODEL AGROFORESTRY TANAMAN HUTAN PENGHASIL SUMBER BIOFUEL (NYAMPLUNG DAN MALAPARI) (Ir. Encep Rahman, M.Sc dan Tim)
  4. POTENSI PENGEMBANGAN HHBK JENIS KETAK DENGAN POLA AGROFORESTRY  DALAM RANGKA MENDUKUNG PENGELOLAAN KAWASAN LINDUNG (devy Priambodo, S.Hut., ME)

Bertindak sebagai Evaluator/Reviewer pembahasan ROP hari pertama adalah Dr. Eny Widyati dengan moderator Dr. Budiman Achmad dan Slamet Edi Sumanto. S.Sos., M.Sc

Hari kedua Pembahasan ROP 2017 diisi dengan presentasi empat judul kegiatan penelitian yakni :

  1. DIFUSI TEKNOLOGI BUDIDAYA DAN PASCA PANEN BAMBU DI PRIANGAN TIMUR, JAWA BARAT (Tri Sulistyati Widyaningsih, S.Sos., M.Sc dan Tim)
  2. PENERAPAN MODEL AGROFORESTRY TANAMAN HUTAN PENGHASIL SUMBER PANGAN (UMBI-UMBIAN) DALAM MENDUKUNG PROGRAM KETAHANAN PANGAN LOKAL DI JAWA BARAT DAN KPHP YOGYAKARTA (Aji Winara, S.Hut., M.Sc dan tim)
  3. PENERAPAN MODEL AGROFORESTRY TANAMAN HUTAN PENGHASIL OBAT JENIS JAMBLANG (Syzygium cumini Linn) (Aris Sudomo, S.Hut., M.Sc)
  4. CAPAIAN PEMBANGUNAN KEBUN BENIH SEMAI JENIS SENGON, MANGLID, GANITRI DAN KISEREH

Bertindak sebagai Evaluator/Reviewer pembahasan ROP hari kedua adalah Dr. Murniati dengan moderator Ir. Encep Rahman, M.Sc dan Dharmawan Pathi, SP., MP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Judul Berita
Kontribusi BP2TA Ciamis dalam Peningkatan Kualitas SDM Siswa Siswi SMK Rimba Bahari Sumedang
Upacara Hari Kesaktian Pancasila Lingkup Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis
Pembahasan Rencana Operasional Penelitian Tahun 2017 Balai Litbang Teknologi Agroforestry
Pola Tanam Agroforestry Mampu Mengakomodir Kepentingan Lingkungan Dan Sosial Ekonomi
Penanaman Nyamplung pada Lahan Pantai Berpasir Memerlukan Teknologi Yang Tepat
Penerapan Teknologi Agroforestry Kompleks Berbasis Pangan Sangat Mendesak
Serah Terima Jabatan Kepala Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis
Purnatugas Bukanlah Akhir Seseorang Untuk Terus Berkarya
Potensi Pengembangan Agroforestry Manglid, Sengon dan Kacang Tanah
Strategi Menentukan Daur Optimal Hutan Tanaman Sengon


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis