Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

11-10-2018.163135 | Dilihat : 57 x
Produk-produk Agroforestri Meriahkan Pameran dalam Rangkaian Seminar Nasional Agroforestri di Jatinangor, Jawa Barat
BP2TA (Jatinangor-Sumedang, 11 OKtober 2018)_Sebagai institusi ilmiah, Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Agroforestry (BP2TA) Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkewajiban mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangannya. Upaya tersebut dilakukan diantaranya dengan melakukan pameran hasil litbang baik berupa publikasi maupun produk olahan sebagaimana yang dilakukan BP2TA dalam Pameran Agroforestri.
 
Pameran tersebut  merupakan rangkaian acara Seminar Nasional Agroforestri yang diselenggarakan pada tanggal 18 September 2018 di Kantor UPTD Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan (SPTH) yang terletak di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat sebagai hasil kerjasama BP2TA KLHK, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dan Masyarakat Agroforestri Indonesia (MAFI).
 
Selain oleh BP2TA, pameran diikuti oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) BLI KLHK, Cabang Dinas Kehutanan (CDK) VI Tasikmalaya, CDK VII Ciamis-Banjar-Pangandaran, serta UPTD SPTH. Sebagai institusi ilmiah, BP2TA dan P3HH menampilkan berbagai publikasi hasil penelitian berupa leaflet, buku, CD serta produk hasil hutan. Publikasi yang ditampilkan oleh BP2TA diantaranya tentang budidaya bambu, manglid, jamblang, jalawure dan mengenal ketak, serta alat ukur volume kayu berupa pita volume kayu dan produk berupa jalawure dan tepung jalawure.
 
Kemudian P3HH selain menampilkan publikasi, juga menampilkan produk berupa gelang gaharu, gelang cantigi, teh gaharu, dan madu.
Kemudian sebagai institusi yang bekerja pada tataran praktis, selain menampilkan leaflet hasil karya penyuluh serta dokumentasi kegiatan di wilayah binaan penyuluh, CDK menampilkan produk-produk agroforestri hasil olahan masyarakat di wilayah binaan. Produk-produk tersebut di antaranya kopi dari Rajadesa Ciamis, madu dari Banjarsari Ciamis, jamur crispy, rebung crispy, alat panah, kreasi bambu (gelas dan kap lampu) dan kerajinan gantungan kunci dari Banjar. Selain itu terdapat bibit tanaman jati solomon dan lada. Adapun dari UPTD SPTH menampilkan poster-poster alur sertifikasi dan pembibitan tanaman hutan.
 
Pameran juga dimeriahkan dengan adanya 13 (tiga belas) poster karya para pemakalah poster Seminar Nasional Agroforestri. Hampir seluruh publikasi termasuk juga pita volume kayu menarik minat pengunjung dan diminta oleh pengunjung baik  yang berasal dari instansi pemerintah, perguruan tinggi maupun pelaku usaha. Adapun produk-produk yang diminati dan dibeli oleh pengunjung di antaranya kopi, jamur crispy, rebung crispy, alat panah, gelas bambu, bibit tanaman dan gelang gaharu. (**TWSBP2TA)
 
  Judul Berita
BP2TA Selenggarakan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg)
BP2TA Sumbang Saran dalam Diskusi Kelompok Terfokus Pengelolaan DAS Berkelanjutan dengan Sistem Agroforestri,
Sistem Informasi Iptek Nasional (SIIN): Aplikasi Database Hasil Litbang Masa Depan
Produk-produk Agroforestri Meriahkan Pameran dalam Rangkaian Seminar Nasional Agroforestri di Jatinangor, Jawa Barat
Partisipasi Balitbang Teknologi Agroforestry dalam Mewujudkan Xylarium Bogoriense Nomor Satu Dunia
Balitbang Teknologi Agroforestry Bekerjasama Dengan Balitbang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan Selenggarakan Seminar Teknisi Litkayasa IV
Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ikuti Acara Apel Kebangsaan Tingkat Provinsi Jabar
Pembahasan Kerjasama Penyelenggaraan Seminar Bersama
Menjaga Semangat Ramadhan melalui Halal bi Halal
Rombongan Tim Balai Pengelolaan Hutan Wilayah VI Jateng Melakukan Studi Banding pengelolaan Agroforestry ke Balitbang Teknologi Agroforestry Ciamis


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis