Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

27-02-2019.102310 | Dilihat : 17 x
Arboretum dan Hutan Penelitian Cigerendeng BP2TA: Lokasi Outing Class Pendidikan Lingkungan Sekolah Dasar di Ciamis
BP2TA, (Ciamis, 19/02/2019)_Setiap bulan Februari, sekolah dasar dan pesantren setingkat SD di wilayah Ciamis selalu mengadakan kegiatan outing class di Arboretum yang terletak di komplek kantor BP2TA di Pamalayan dan Hutan Penelitian (HP) Cigerendeng di Cisaga, Ciamis. Outing class diawali dari kunjungan siswa beserta pendamping/pengajar SD Model Aulady Ciamis sebanyak 37 orang pada tanggal 19 Februari 2019. 
 
Kegiatan diawali dengan penjelasan dari Kepala Seksi Data Informasi dan Sarana Penelitian BP2TA, Dadang Maszaeni  yang mewakili Kepala Balai mengucapkan selamat datang  dan memberikan pengantar secara umum tentang manfaat serta fungsi hutan bagi kehidupan manusia. Selanjutnya Kepala Seksi Program, Evaluasi dan Kerjasama, Slamet Edi Sumanto mengajak siswa untuk mengenal pohon secara langsung di lapangan dan mencintai ciptaan sang khalik Allah SWT. 
 
Siswa beserta pendamping sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini dan merasa senang dapat berinteraksi dengan lingkungan alam di luar kelasnya. Siswa dapat mengetahui identitas pohon dengan cara menempelkan handphone android pada kode QR barcode berbasis web yang dipasang di batang pohon tersebut. QR Barcode telah dipasang di semua pohon yang berada di Arboretum BP2TA dan HP Cigerendeng. Inovasi tersebut dibuat oleh Teknisi Litkayasa BP2TA yaitu Anas Badrunasar dan Udin Saepudin. Dengan cara tersebut, identitas pohon akan tertera secara lengkap dan dapat dibaca dalam hitungan detik.  
 
Siswa beserta pembimbing merasa puas dalam outing class tersebut. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya inovasi pengenalan pohon yang dinilai praktis dan mempercepat penyerapan informasi identitas pohon tersebut. Mereka berharap kegiatan outing class dapat dilanjutkan dengan melakukan praktik membangun  plot agroforestri sebagai media percontohan di lingkungan sekolahnya.
 
Pada hari selanjutnya, outing class akan diikuti oleh 96 siswa dari Madrasah Ibtidaiyah Andalan Cijantung dan mahasiswa Universitas Galuh, Ciamis.
 
  Judul Berita
Partisipasi BP2TA dalam Peringatan HBR ke-36 Lingkup Jawa Barat
Kunjungan Dharma Wanita Persatuan BLI Kementerian LHK dan Sosialisasi Bank Sampah di BP2TA
Arboretum dan Hutan Penelitian Cigerendeng BP2TA: Lokasi Outing Class Pendidikan Lingkungan Sekolah Dasar di Ciamis
Kontribusi Positif Penerapan Model Agroforestri Jamblang bagi Masyarakat Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang
BPPTA CIAMIS KEMBALI MEMPEROLEH PENGHARGAAN SATKER BERKINERJA TERBAIK DARI KPPN TASIKMALAYA
BP2TA Inisiasi Pelatihan Pemanfaatan HHBK Ketak untuk Pemberdayaan Perempuan Sekitar Hutan di Pulau Lombok
BP2TA Selenggarakan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg)
BP2TA Sumbang Saran dalam Diskusi Kelompok Terfokus Pengelolaan DAS Berkelanjutan dengan Sistem Agroforestri,
Sistem Informasi Iptek Nasional (SIIN): Aplikasi Database Hasil Litbang Masa Depan
Produk-produk Agroforestri Meriahkan Pameran dalam Rangkaian Seminar Nasional Agroforestri di Jatinangor, Jawa Barat


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis