Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

20-03-2019.091530 | Dilihat : 32 x
Kunjungan Dharma Wanita Persatuan BLI Kementerian LHK dan Sosialisasi Bank Sampah di BP2TA
BP2TA, (Ciamis,     /03/2019)_Pada hari libur nasional 7 Maret 2019 ibu-ibu anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) BP2TA, Ciamis menerima kunjungan Ibu Kepala Badan dan Pengurus Pusat DWP Badan Litbang Inovasi (BLI) Kementerian LHK dari Bogor. Kunjungan ini bertujuan untuk silaturahim sesama anggota DWP lingkup KLHK, berbagi ilmu, serta melakukan pembinaan dan sosialisasi bank sampah. 
 
Kegiatan yang diikuti sekitar 70 (tujuh puluh) orang ini diawali dengan ramah tamah dan keliling komplek kantor BP2TA. Selanjutnya rangkaian kegiatan dilakukan di aula kantor BP2TA dan dibuka oleh Kepala BP2TA, Bagus Novianto, S.Hut., MP. Bagus menyampaikan terima kasih atas kedatangan ibu-ibu DWP BLI ke kantor BP2TA dan menyatakan bahwa kunjungan tersebut sekaligus untuk melakukan pembinaan terkait pengelolaan sampah yang menjadi program Menteri LHK. Acara dilanjutkan dengan laporan tentang profil DWP BP2TA baik jumlah anggota, kepengurusan serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan sejak tahun 2017 oleh Ketua DWP BP2TA, Sukadaryati Bagus Novianto.
 
Dalam kesempatan tersebut, Ketua DWP BLI, Nelly Agus Justianto mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar BP2TA, memperkenalkan kepengurusan DWP BLI, serta mengharapkan terbentuknya bank sampah di BP2TA untuk memperluas jaringan pengelolaan sampah serta kepedulian terhadap lingkungan. Nelly menambahkan bahwa semangat dari kegiatan di DWP adalah agar bermanfaat. Nelly berharap dari kegiatan bank sampah DWP BLI yang dibentuk 20 April 2018 dapat berkembang ke berbagai kegiatan lainnya seperti pembuatan pupuk organik, pembuatan kebun organik, pengembangan ketrampilan/ kerajinan berbahan sampah, serta wisata ilmiah.
 
Acara inti berupa sosialisasi Bank Sampah disampaikan oleh Giyatno, S.IP., M.Si., (Kasie Pengembangan Persampahan DPRKPLH) Ciamis serta berbagi pengalaman tentang kegiatan bank sampah oleh Ani (Direktur Bank Sampah Masyarakat Gotong Royong/ Magot) dari Dusun Pasirpeuteuy, Desa Pawindan, Ciamis serta Neni Satria Astana (Direktur Bank Sampah Unit Cendana) dari  DWP BLI Bogor. Giyatno menyampaikan bahwa bank sampah di Kabupaten Ciamis baru ada dalam kurun waktu 1 (satu) tahun terakhir yang diawali dari terbentuknya Bank Sampah Magot di Desa Pawindan dan diikuti bank-bank sampah di beberapa tempat lainnya di Ciamis yang saat ini sudah berjumlah ratusan. Bank-bank sampah unit di Ciamis menginduk ke Bank Sampah Induk Paguyuban Sapu Nyere yang terletak di Handapherang, Ciamis. Giyatno berharap agar di kantor BP2TA dibentuk bank sampah unit sehingga para pegawai dan ibu-ibu anggota DWP di BP2TA mulai memilah sampah dari rumah serta menjadi nasabah bank sampah. Dengan demikian kepedulian masyarakat terhadap lingkungan terutama terkait pengelolaan sampah semakin meningkat karena sampah dapat memberikan tambahan pendapatan serta Ciamis menjadi lingkungan yang bersih dan sehat. 
 
Dalam  kegiatan ini juga ditampilkan kreasi pengrajin dari lokasi penelitian BP2TA berupa kerajinan bambu dan ketak, penanaman pohon di komplek BP2TA, serta arisan. Selain itu ibu-ibu anggota DWP BP2TA juga belajar untuk menjadi nasabah bank sampah dengan membawa sampah-sampah an organik berupa kertas, kardus, botol plastik, botol kaca dari rumah dan ruang kerjanya. Sampah-sampah tersebut dikumpulkan dan rencananya akan disetorkan ke bank induk untuk dijadikan modal awal kegiatan bank sampah unit yang akan segera dibentuk di BP2TA.
 
  Judul Berita
Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Lingkup BP2TA: Kita Indonesia, Kita Pancasila
Puncak Semangat Ramadhan di Kantor (SemaRaK) BP2TA
Siswa SMP Terpadu Al Hasan Ciamis Outing Class ke Hutan Penelitian Cigerendeng dan Arboretum Balitbang Teknologi Agroforestry
PERINGATAN HARI BUMI DI CIAMIS, KITA RAWAT BUMI – BUMI RAWAT KITA
BP2TA Hadiri Peresmian Bank Sampah Induk dan Pusat Daur Ulang Kabupaten Bandung
Partisipasi BP2TA dalam Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 dan Kegiatan Gerbang Mas
Peringatan Hari Bhakti Rimbawan Ke-36 Lingkup BP2TA Ciamis
Partisipasi BP2TA dalam Peringatan HBR ke-36 Lingkup Jawa Barat
Kunjungan Dharma Wanita Persatuan BLI Kementerian LHK dan Sosialisasi Bank Sampah di BP2TA
Arboretum dan Hutan Penelitian Cigerendeng BP2TA: Lokasi Outing Class Pendidikan Lingkungan Sekolah Dasar di Ciamis


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis