Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

08-04-2019.144910 | Dilihat : 42 x
Partisipasi BP2TA dalam Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 dan Kegiatan Gerbang Mas

Ciamis, (BP2TA,    /04/2019)_Hari Bhakti Rimbawan (HBR) ke-36 yang jatuh pada tanggal 16 Maret 2019 diperingati oleh berbagai instansi kehutanan dengan melaksanakan berbagai kegiatan, tak terkecuali Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Agroforestry (BP2TA). Peringatan HBR dilakukan BP2TA dengan mengikuti rangkaian peringatan HBR lingkup UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) wilayah Provinsi Jawa Barat yang dipusatkan di  Bandung. Rangkaian kegiatan diawali dengan senam Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) yang merupakan hasil kreativitas dari UPT BPDASHL Cimanuk-Citanduy pada tanggal 16 Maret 2019, dilanjutkan dengan kegiatan Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak (Gerbang Mas). Gerbang Mas yang dilakukan berupa penanaman jenis kayu-kayuan dan tanaman Multi Purpose Tree Species (MPTS) sebanyak 1.250 batang di sekitar Embung  Gedebage dan Masjid Raya Provinsi Jabar Al Jabbar.

Puncak peringatan HBR berupa upacara pada hari Senin, 18 Maret 2019 bertempat di halaman kantor Perum Perhutani Divre Jawa Barat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Iwa Karniwa, S.E.Ak., M.M., CA., PIA. selaku Inspektur Upacara dan dihadiri seluruh perwakilan UPT KLHK wilayah Jawa Barat. Partisipasi BP2TA dalam rangkaian kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala Balai, Bagus Novianto, S. Hut., M.P.

Salah satu isi pidato Menteri LHK yang dibacakan oleh Iwa dalam upacara peringatan HBR tersebut mengingatkan pesan presiden untuk melakukan reklamasi dan rehabilitasi hutan secara besar-besaran mulai tahun 2019 melalui gerakan penanaman secara nasional di seluruh Indonesia. Salah satu gerakan penanaman yang dilaksanakan adalah Gerbang Mas. Selain dilaksanakan di Bandung 2 (dua) hari sebelumnya, Gerbang Mas juga diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi dengan menanam 4.000 batang pohon jenis Manglid. Selanjutnya pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 Ciamis menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan Gerbang Mas yang diinisiasi oleh Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) cabang Tasikmalaya, Garut, dan Ciamis berkolaborasi dengan MTsN 15 Ciamis.

Gerbang Mas dilakukan di MTsN 15 Ciamis yang terletak di Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis berupa penyerahan 2.845 batang bibit tanaman yang terdiri dari 1.395 batang jenis kayu-kayuan dan 1.450 batang jenis buah-buahan. MTsN 15 Ciamis adalah satu-satunya sekolah  di Jawa Barat yang mempunyai predikat “Adiwiyata Mandiri” dengan salah satu visinya melestarikan alam yang diwujudkan dalam kegiatan penanaman pohon di lingkungan sekolah. Bibit diterima secara langsung oleh kepada sekolah MTsN 15 Ciamis, Drs. H. Saeful Uyun, MPdi disaksikan para undangan dari instansi terkait dan unsur muspida lingkup Kabupaten Ciamis. Bibit tersebut akan dibagikan ke 21 mitra sekolah adiwiyata lainnya di Kabupaten Ciamis. BP2TA berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan lebih dari 10 orang alumni SKMA yang dipimpin Slamet Edi Sumanto, S.Sos., M.Si. selaku Kepala Seksi Program Evaluasi dan Kerjasama.

Selain berpartisipasi dalam peringatan HBR yang diselenggarakan oleh pihak eksternal, keluarga besar BP2TA juga menyelenggarakan peringatan HBR secara internal di kantor dengan melaksanakan apel pada tanggal 18 Maret 2019 di halaman depan kantor BP2TA dan rangkaian perlombaan pada tanggal 25-29 Maret 2019. Rangkaian perlombaan diselenggarakan oleh kepanitiaan HBR BP2TA yang dibentuk oleh Baporsen (Badan Pengurus Olahraga dan Seni) BP2TA berupa tenis meja, bulu tangkis, tenis lapangan, voli serta karaoke ‘BP2TA Idol’ yang diikuti oleh perwakilan pegawai setiap bagian di BP2TA. Pelaksanaan kegiatan perlombaan bertujuan untuk mempererat persatuan dan rasa kekeluargaan di antara keluarga besar BP2TA. Keluarga besar BP2TA sangat menikmati seluruh rangkaian kegiatan peringatan HBR ke-36 dan berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara rutin pada tahun-tahun mendatang. (*) 

  Judul Berita
Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Lingkup BP2TA: Kita Indonesia, Kita Pancasila
Puncak Semangat Ramadhan di Kantor (SemaRaK) BP2TA
Siswa SMP Terpadu Al Hasan Ciamis Outing Class ke Hutan Penelitian Cigerendeng dan Arboretum Balitbang Teknologi Agroforestry
PERINGATAN HARI BUMI DI CIAMIS, KITA RAWAT BUMI – BUMI RAWAT KITA
BP2TA Hadiri Peresmian Bank Sampah Induk dan Pusat Daur Ulang Kabupaten Bandung
Partisipasi BP2TA dalam Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 dan Kegiatan Gerbang Mas
Peringatan Hari Bhakti Rimbawan Ke-36 Lingkup BP2TA Ciamis
Partisipasi BP2TA dalam Peringatan HBR ke-36 Lingkup Jawa Barat
Kunjungan Dharma Wanita Persatuan BLI Kementerian LHK dan Sosialisasi Bank Sampah di BP2TA
Arboretum dan Hutan Penelitian Cigerendeng BP2TA: Lokasi Outing Class Pendidikan Lingkungan Sekolah Dasar di Ciamis


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis