Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

08-07-2019.092505 | Dilihat : 40 x
Ajang Diseminasi Iptek Agroforestri, BP2TA Ikuti Pameran Hari Krida Pertanian Kabupaten Ciamis Tahun 2019
BP2TA (Ciamis, 2/07/2019)_Pameran Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 tahun 2019 tingkat Kabupaten Ciamis dilaksanakan di lapangan Desa Sadananya, Kecamatan Sadananya. Pameran berlangsung dari tanggal 2-4 Juli 2019. Pameran HKP merupakan wadah pertemuan kelompok tani di tiap kecamatan, penyuluh, dinas terkait dan seluruh penggiat pertanian dalam memamerkan potensi pertanian di Ciamis. Pameran dibuka langsung oleh Bupati Ciamis, Dr. Herdiat, yang juga didampingi wakil bupati serta unsur pejabat DPRD dan pemerintah daerah. Bupati, dalam sambutannya, menyatakan bahwa potensi sumber daya alam serta sumber daya air yang melimpah harus semakin dikembangkan dan dimanfaatkan. Saya berharap untuk meningkatkan potensi ini perlu menggunakan teknologi canggih dan bukan saatnya lagi masih melaksanakan cara-cara manual, demikian harapan Bupati. 
 
BP2TA memanfaatkan momen berkumpulnya seluruh penggiat pertanian untuk mendiseminasikan hasil-hasil iptek dan inovasi yang sudah dihasilkan. Bersama dengan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) wilayah VII yang menampilkan aneka potensi kehutanan di wilayah Kabupaten Ciamis, BP2TA menampilkan publikasi hasil litbang yang terkait  kebutuhan iptek praktis bagi petani di lapangan diantaranya Sidik Cepat Pemilihan Jenis Tanaman Hutan Rakyat dan Hutan Kota serta Pita Volume Pohon Berdiri untuk jenis sengon dan mahoni.  Peneliti Bp2TA, Dr. Budiman Achmad, sebagai inovator sidik cepat dan pita volume dihadirkan agar para pengunjung dapat berkomunikasi langsung mengenai inovasi-inovasi yang dihasilkan BP2TA. 
 
Anjungan Pameran HKP tahun 2019 terdiri dari unsur Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dari 27 kecamatan, stand dinas terkait, BUMN, dan organisasi masyarakat tani baik  lingkup Kabupaten Ciamis maupun lingkup Provinsi Jawa Barat. Tahun ini digelar Festival Kopi yang menampilkan aneka kopi dari berbagai daerah di Ciamis serta berbagai lomba dan temu wicara. Pameran HKP juga menjadi ajang penjualan aneka hasil pertanian kepada masyarakat sekaligus sebagai ajang wisata, terbukti dari antusiasme pengunjung pameran yang datang dari berbagai daerah di Ciamis dan Jawa Barat. Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis, Kustini, mengungkapkan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan ini. Dilaksanakannya pameran ini merupakan ungkapan rasa syukur sekaligus untuk mendapatkan evaluasi dari petani atas hasil pertaniannya, ungkapnya. Ajang tahunan ini semoga dapat menjadi salah satu upaya untuk terus meningkatkan kinerja pertanian dan kesejahteraan petani Kabupaten Ciamis   (***)
 
  Judul Berita
BALAI LITBANG TEKNOLOGI AGROFORESTRY TURUT SERTA MENSUKSESKAN The 5 th International Conference of Indonesia Forestry Researchers (INAFOR)
Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis Terima Kembali Praktek Kerja Lapangan Siswa SMKN 4 Garut
Ajang Diseminasi Iptek Agroforestri, BP2TA Ikuti Pameran Hari Krida Pertanian Kabupaten Ciamis Tahun 2019
Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Lingkup BP2TA: Kita Indonesia, Kita Pancasila
Puncak Semangat Ramadhan di Kantor (SemaRaK) BP2TA
Siswa SMP Terpadu Al Hasan Ciamis Outing Class ke Hutan Penelitian Cigerendeng dan Arboretum Balitbang Teknologi Agroforestry
PERINGATAN HARI BUMI DI CIAMIS, KITA RAWAT BUMI – BUMI RAWAT KITA
BP2TA Hadiri Peresmian Bank Sampah Induk dan Pusat Daur Ulang Kabupaten Bandung
Partisipasi BP2TA dalam Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 dan Kegiatan Gerbang Mas
Peringatan Hari Bhakti Rimbawan Ke-36 Lingkup BP2TA Ciamis


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis