Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

03-07-2018.074500 | Dilihat : 333 x
Rombongan Tim Balai Pengelolaan Hutan Wilayah VI Jateng Melakukan Studi Banding pengelolaan Agroforestry ke Balitbang Teknologi Agroforestry Ciamis

BP2TA Ciamis (Ciamis, 02/07/2018)_Bimbingan Teknis merupakan salah satu bentuk pelayanan data dan informasi hasil litbang dari Balai Litbang Teknologi Agroforestry kepada masyarakat umum, instansi/stakeholders terkait maupun perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan litbang bidang Agroforestry. Salah satu bimtek yang diselenggarakan oleh BP2TA Ciamis selain praktek kerja lapang, ijin penelitian mahasiswa, juga melayani kunjungan/studi banding.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis, Bagus Novianto, S. Hut., MP. dalam sambutannya ketika menerima rombongan Tim Penyuluh dan Kelompok Tani Hutan dari Balai Pengelolaan Hutan (BPH) VI Jawa Tengah yang berkunjung ke BP2TA Ciamis pada hari Selasa (26/06/2018). 
“Sesuai dengan permohonan yang kami terima sebelumnya dari Balai Pengelolaan Hutan (BPH) VI Jawa Tengah, maka untuk mengisi kegiatan studi banding bapak semua, kami telah menugaskan tim peneliti untuk memandu bimbingan teknis tentang agroforestry. Kami akan ajak bapak semua untuk melihat demplot agroforestry bambu yang sekarang sedang kami kerjakan. Tentunya kami berharap semoga bapak semua dapat memetik pelajaran yang bisa diaplikasikan di wilayah kerja masing-masing,“ ujar Bagus.
 
Pada kesempatan selanjutnya, Ir. Sismunjidi, MP. selaku Kepala Seksi RHL BPH VI menyampaikan bahwa salah satu program dari BPH VI yang meliputi wilayah kerja Kabupaten Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap itu adalah mengembangkan perhutanan sosial. 
“Kami sangat serius menggarap perhutanan sosial dan pemberdayaan masyarakat dengan pola-pola agroforestry. Ketertarikan belajar agroforestry bambu karena model agroforestry ini merupakan model yang  sangat jarang ditemui,” kata Sismunjidi. 
 
Selanjutnya sesuai dengan schedule yang telah dibuat, peserta rombongan dari BPH VI Jateng bergegas untuk melihat demplot agroforestry bambu seluas 3 Ha yang terletak di Desa Sukaharja, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis. Peserta rombongan dari BPH VI Jateng terdiri dari 26 orang perwakilan penyuluh dan perwakilan kelompok tani dari 5 (lima ) Kecamatan yaitu ; Karangpucung, Cimanggu, Majenang, Wanareja dan Dayeuhluhur.
 
Eva Fauziyah, koordinator tim peneliti agroforestry bambu, mengungkapkan bahwa budidaya bambu dilakukan pertama-tama untuk konservasi lahan dan sekaligus mengajak masyarakat untuk tertarik menanam dan memelihara bambu. 
“Model agroforestry menjadi salah satu upaya budidaya bambu sehingga masyarakat mampu mengoptimalkan lahan dengan memetik berbagai macam pendapatan dari usaha agroforestry. Kuncinya ada pada pengaturan jarak tanam, pemilihan jenis tanaman yang sesuai, dan manajemen rumpun,“ kata Eva dalam paparannya di depan peserta rombongan. 
 
Lebih lanjut Eva menambahkan bahwa petani dilibatkan dalam diskusi penentuan jenis tanaman yang akan ditanam. Bambu yang dipilih adalah bambu hitam, bambu betung, dan bambu ampel dengan tanaman pilihan petani adalah petai, pala, dan jengkol. Petani pun masih dapat mengusahakan palawija dan kopi di antara tanaman tersebut. Tim peneliti BP2TA juga mengintegrasikan aspek hulu hilir dalam pengelolaan bambu termasuk memberikan penyuluhan dan pelatihan pembuatan kerajinan bubut bambu dan pengawetan rebung kering.
 
Supriatna, Kasi Ekbang Desa Sukaharja, yang turut mendampingi rombongan mengungkapkan bahwa dengan adanya demplot agroforestry bambu di lahan desa seluas 3 hektar ini, telah benar-benar merubah wujud fisik lahan yang semula gersang menjadi hijau dan akhirnya dapat kembali ditanami oleh petani penggarap. “Masalah kesusahan air, kini menjadi lebih mudah diatasi karena bambu mendatangkan air di lahan ini,” ungkapnya.
 
Para peserta antusias bertanya mengenai jenis-jenis bambu yang ditanam, manajemen rumpun dan tanaman pertanian yang diusahakan penggarap, bahkan sampai pengolahan rebung yang dihasilkan. Ke depan, diharapkan oleh peserta ada satu blok yang dihususkan untuk show window berbagai jenis bambu beserta informasi pemanfaatannya sehingga dapat menjadi wahana edukasi yang komplit mengenai budidaya bambu di Desa Sukaharja. Dadang Maszaeni, Kasi Data dan Informasi, mewakili manajemen BP2TA menanggapi positif usulan ini sehingga apa yang dikerjakan oleh BP2TA benar-benar akan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. ***
 
  Judul Berita
BP2TA Selenggarakan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg)
Semarak Kebersamaan Pegawai BP2TA dalam Rekonsiliasi Internal
Model Agroforestri Jaga Konservasi dan Hasilkan Investasi
HUTAN PENELITIAN CIGERENDENG MENJADI AJANG PRAKTEK DAN WISATA EDUKASI
BALAI LITBANG TEKNOLOGI AGROFORESTRY TURUT SERTA MENSUKSESKAN The 5 th International Conference of Indonesia Forestry Researchers (INAFOR)
Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis Terima Kembali Praktek Kerja Lapangan Siswa SMKN 4 Garut
Ajang Diseminasi Iptek Agroforestri, BP2TA Ikuti Pameran Hari Krida Pertanian Kabupaten Ciamis Tahun 2019
Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Lingkup BP2TA: Kita Indonesia, Kita Pancasila
Puncak Semangat Ramadhan di Kantor (SemaRaK) BP2TA
Siswa SMP Terpadu Al Hasan Ciamis Outing Class ke Hutan Penelitian Cigerendeng dan Arboretum Balitbang Teknologi Agroforestry


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis