Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

23-09-2018.095242 | Dilihat : 208 x
Balitbang Teknologi Agroforestry Bekerjasama Dengan Balitbang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan Selenggarakan Seminar Teknisi Litkayasa IV
(BP2TA Ciamis, 7/09/2018)__Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas teknisi litkayasa dalam membantu pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan lingkup BLI KLHK serta sebagai sarana bagi para teklit lingkup BLI untuk berbagi pengalaman dan informasi mengenai kegiatan dan hasil-hasil litbang yang telah dilakukan, Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis (BPPTA Ciamis) bekerjasama dengan Balai Litbang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BP2TPTH Bogor) menyelenggarakan Seminar Nasional ke IV Forum Teklit Badan Litbang dan Inovasi (BLI). Seminar dilaksanakan selama dua hari, 6-7 September 2018 di Aula Kantor Balai Litbang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan 
 
Seminar Teknisi Litkayasa ke IV dibuka langsung oleh Kepala Balai Litbang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan, Ir. Suratmi, MP. Dalam sambutannya, Suratmi menjelaskan bahwa diselenggarakannya seminar teklit ini sebagai wadah temu ilmiah teklit lingkup BLI KLHK serta diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas teknisi litkayasa dalam membantu pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan lingkup BLI KLHK. 
 
Pada sambutan dan arahan dari Sekreteris BLI yang diwakili oleh Kepala Bagian Ortala , Ir. Gunawan,M.Sc. menyatakan bahwa temu ilmiah ini merupakan sarana bagi para teklit lingkup BLI untuk berbagi pengalaman dan informasi mengenai kegiatan dan hasil-hasil litbang yang telah dilakukan. Peran teklit sebagai bagian yang tidak terpisahkan sekaligus mitra kerja peneliti  sangat strategis dalam pencapaian output BLI terutama dalam hal peningkatkan kualitas hasil penelitian agar lebih bermanfaat seiring dengan tuntutan perkembangan pembangunan khususnya di bidang LHK saat ini. 
 
Dalam Seminar Teknisi Litkayasa ke IV ini dipaparkan 33 (tiga puluh tiga) dari 51 (lima puluh satu) makalah yang diterima panitia. Makalah dengan Topik Pemanfaatan Tiga Jenis Tumbuhan Hutan di Papua: Akwai, Drymis beccarii Winteraceae), Baiyut/Tali Kuning Arcangelisia flava (L) Merr (Menispermaceae) dan Bduwe/Daun Bungkus Smilax sp. (Smilacaceae) merupakan salah satu makalah yang menarik dan menyita perhatian peserta Seminar Nasional ke IV Forum Teklit Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK). Makalah tersebut dipaparkan oleh Yolanda Noya, Teknisi Litkayasa (Teklit) Penyelia Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Manokwari.
 
Sebelum acara presentasi Seminar Teknisi Litkayasa ke IV, terlebih dahulu dilakukan pembekalan tentang jabatan fungsional teklit oleh narasumber yaitu Prof. Ris. Dr. Gustan Pari. Gustan menyampaikan posisi teklit sebagai bagian yang tidak dapat terpisahkan dengan peneliti berperan strategis dalam pencapaian output yang bermanfaat dari BLI seiring dengan tuntutan perkembangan pembangunan khususnya di bidang LHK saat ini. Gustan berharap agar teklit terus berkarya dan semangat menuntut ilmu pengetahuan secara formal maupun informal. 
 
Berbagai isu strategis dan permasalahan bidang LHK mulai dari teknik reklamasi lahan, pengembangan ekowisata hingga pemanfaatan tanaman obat, masih memerlukan upaya pemberdayaan serta perekayasaan IPTEK sebagai solusi permasalahan yang efektif. Berbagai makalah yang dipresentasikan telah menyentuh isu strategis dan permasalahan LHK yang mengindikasikan bahwa teknisi litkayasa sangat handal dan teruji dalam hal pengumpulan dan pengolahan data. Teknisi litkayasa juga sangat menguasai berbagai bidang teknik, mulai dari pembibitan, budidaya, rancang desain hingga analisis usaha. 
 
Teknisi litkayasa diharapkan selalu melakukan adaptasi terhadap perubahan birokrasi untuk menangkap peluang dan menjawab tantangan sehingga mampu melakukan analisis strategi guna menciptakan daya tarik serta meningkatkan performa untuk menjadi "mata tunas" terbaik pada lingkup KLHK. Teknisi litkayasa diharapkan bisa bersinergi dengan berbagai mitra terkait hingga tercapai kesepahaman bersama demi pencapaian output BLI-KLHK. Harapan akhir dari penyelenggaraan seminar teknisi litkayasa yaitu munculnya inovasi dan gagasan para teknisi yang dapat bermanfaat dan berdampak nyata bagi para pengguna Iptek baik yang bersifat lokal, nasional maupun global.
 
Pada sesi penutupan, Kepala BP2TA Ciamis, Bagus Novianto, S.Hut., M.P. menyatakan  akan memperjuangkan dan mendukung agar pelaksanaan Seminar Forum Teknisi Litkayasa dapat dilakukan secara rutin setiap tahun dengan mengusulkan pendanaan  ke BLI KLHK.
 
 
 
 
 
  Judul Berita
BP2TA Selenggarakan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg)
Semarak Kebersamaan Pegawai BP2TA dalam Rekonsiliasi Internal
Model Agroforestri Jaga Konservasi dan Hasilkan Investasi
HUTAN PENELITIAN CIGERENDENG MENJADI AJANG PRAKTEK DAN WISATA EDUKASI
BALAI LITBANG TEKNOLOGI AGROFORESTRY TURUT SERTA MENSUKSESKAN The 5 th International Conference of Indonesia Forestry Researchers (INAFOR)
Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis Terima Kembali Praktek Kerja Lapangan Siswa SMKN 4 Garut
Ajang Diseminasi Iptek Agroforestri, BP2TA Ikuti Pameran Hari Krida Pertanian Kabupaten Ciamis Tahun 2019
Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Lingkup BP2TA: Kita Indonesia, Kita Pancasila
Puncak Semangat Ramadhan di Kantor (SemaRaK) BP2TA
Siswa SMP Terpadu Al Hasan Ciamis Outing Class ke Hutan Penelitian Cigerendeng dan Arboretum Balitbang Teknologi Agroforestry


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis