Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

03-05-2019.154209 | Dilihat : 89 x
Siswa SMP Terpadu Al Hasan Ciamis Outing Class ke Hutan Penelitian Cigerendeng dan Arboretum Balitbang Teknologi Agroforestry
(BPPTA Ciamis,25/04/2019)__Dalam rangka melaksanakan program sekolah berbasis lingkungan, siswa sekolah SMP Terpadu Al Hasan Ciamis mengunjungi  kantor Balai Litbang Teknologi Agroforestry (BPPTA). Kedatangan kami ke sini tidak lain sebagai wahana pembelajaran untuk para siswa dalam menyikapi dan mencintai lingkungan sehingga wawasan terhadap lingkungan menjadi luas dan bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari , kata Kepala Sekolah SMP Terpadu Al Hasan, H. Nizar Muhamad Fasya,S.Pd.I,M.Pd. 
 
Sebanyak 45 (Empatpuluh lima) orang siswa bersama 8 (delapan) orang guru pembimbingnya mendapatkan penjelasan umum tentang tupoksi BPPTA dan sarana yang ada terkait pembelajaran tentang lingkungan hidup dan kehutanan yang disampaikan Kasi Data Informasi dan Sarana Penelitian , Dadang Maszaeni, ST., MP.
 
Sebagai kader program Duta Wiyata yang dilaksanakan di sekolahnya sangat tepat dan sesuai mengunjungi kantor BPPTA ini ,demikian dikatakan para guru pembimbingnya,  karena disini siswa telah mendapatkan pembelajaran secara umum tetapi siswa juga bisa mengenal segala jenis pohon yang ada di komplek Arboretum  lingkup kantor menggunakan sistem barcode secara praktis yang dikembangkan Anas Badrunasar, A.Md dkk . 
 
Selanjutnya usai mengenal jenis pohon di lokasi Arboretum komplek kantor , siswa sangat antusias ingin berkunjung ke Hutan Penelitian (HP) Cigerendeng yang terletak kurang lebih 20 km menuju arah Kota Banjar dari lokasi kantor BPPTA.  Di  lokasi HP Cigerendeng dengan luas 7,65 Ha ini, para siswa lebih tertarik lagi karena selain langsung dapat melihat ada tanaman kayu yang di tanam sejak  tahun 1939  yakni jenis Shorea dan Hopea atau biasa dikenal dengan jenis Meranti tampak terlihat besar dan menjulang tinggi yang terbilang jarang terdapat di hutan wilayah P. Jawa pada umumnya. 
 
Selain mengenal lingkungan Hutan Penelitian Cigerendeng , siswa juga mendapatkan penjelasan  tentang cara pembuatan persemaian ,baik dari sumber biji yang saat ini sedang musim berbuah maupun dari anakan yang terdapat di sekitar pohon induknya. Untuk dapat mempraktekan dalam menjaga kelestarian dan cinta lingkungan hutan,  pada kesempatan outing class tersebut diberikan beberapa bibit pohon yang akan di tanam dan selanjutnya di pelihara di lingkungan sekolahnya.
 
Pada masa yang akan datang, Hutan penelitian Cigerendeng ini direncanakan akan lebih dilengkapi lagi sarana prasarananya diantaranya sarana pengenalan dan praktek untuk budidaya lebah madu, jamur dain lainnya , sebagai bentuk pengembangan hutan penelitian dan  tempat wisata edukasi bagi siswa yang berkunjung di sana. (***)  
 
  Judul Berita
HUTAN PENELITIAN CIGERENDENG MENJADI AJANG PRAKTEK DAN WISATA EDUKASI
BALAI LITBANG TEKNOLOGI AGROFORESTRY TURUT SERTA MENSUKSESKAN The 5 th International Conference of Indonesia Forestry Researchers (INAFOR)
Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis Terima Kembali Praktek Kerja Lapangan Siswa SMKN 4 Garut
Ajang Diseminasi Iptek Agroforestri, BP2TA Ikuti Pameran Hari Krida Pertanian Kabupaten Ciamis Tahun 2019
Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Lingkup BP2TA: Kita Indonesia, Kita Pancasila
Puncak Semangat Ramadhan di Kantor (SemaRaK) BP2TA
Siswa SMP Terpadu Al Hasan Ciamis Outing Class ke Hutan Penelitian Cigerendeng dan Arboretum Balitbang Teknologi Agroforestry
PERINGATAN HARI BUMI DI CIAMIS, KITA RAWAT BUMI – BUMI RAWAT KITA
BP2TA Hadiri Peresmian Bank Sampah Induk dan Pusat Daur Ulang Kabupaten Bandung
Partisipasi BP2TA dalam Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 dan Kegiatan Gerbang Mas


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis