Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

28-11-2019.084420 | Dilihat : 32 x
BP2TA Selenggarakan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg)
(BP2TA Ciamis, 28/11/2019)_Dalam rangka pertanggungjawaban kegiatan penelitian dan pengembangan tahun anggaran 2019, Balai Litbang Teknologi Agroforestry (BP2TA) menyelenggarakan pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg). Pembahasan tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari, pada tanggal 26-27 November 2019 di Aula BP2TA, Ciamis. 
 
Rangkaian acara pembahasan hasil penelitian dan pengembangan tersebut terdiri dari dua acara pokok yakni paparan seluruh kegiatan hasil penelitian dan pengembangan di hari pertama dan paparan kegiatan non litbang di hari kedua.  Pembahasan dipimpin moderator dari masing-masing kelompok peneliti (kelti) yaitu Ketua Kelti Sosial Ekonomi, ketua Kelti Sumber Daya Lingkungan Hutan (SDLH) dan Ketua Kelti Silvikultur. Sedangkan acara pembahasan kegiatan non litbang akan dipandu langsung oleh Kepala balai Litbang Teknologi agroforestry, Bagus Novianto, S. Hut., MP.
 
Dalam sambutan pembuka, Hendra, S. Hut., Kepala Seksi Program Evaluasi dan Kerjasama selaku ketua pelaksana kegiatan, menjelaskan bahwa pada tahun anggaran 2019 ini terdapat  6 (enam) judul kegiatan penelitian dan 1 (satu) judul kegiatan pengembangan yang akan dipaparkan dimana kegiatan penelitian tersebar di Pulau Jawa, Lombok, dan Sumbawa. Seluruh kegiatan penelitian telah memasuki tahun kelima yang berarti tahun berakhirnya masa renstra 2015-2019. 
 
Selanjutnya dalam arahannya, Kepala Balai Litbang Teknologi Agroforestry, Bagus Novianto, S. Hut., MP. menyampaikan bahwa pembahasan LHPt dan LHPg ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang harus dilaksanakan oleh pihak manajemen sebagai wujud akuntabilitas kinerja kepada publik yang akan disampaikan dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP). Lebih lanjut Bagus mengatakan bahwa para peneliti dituntut untuk dapat memberikan kontribusinya dengan hasil-hasil penelitian tepat guna sehingga dapat dimanfaatkan dan diterapkan oleh pengguna baik instansi pemerintahan, swasta maupun masyarakat.
 
Rangkaian kegiatan rapat pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg) ini dibagi ke dalam 3 (tiga) sesi dimana penyampaian paparan dimulai dari kelti sosial ekonomi, kelti SDLH dan terakhir kelti Silvikultur.
 
Kelti Sosial Ekonomi menyampaikan 3 (tiga) judul penelitian dan pengembnagan yakni :
1. Penerapan Model Agroforestry Kayu Pertukangan Jenis Sengon dan Manglid yang dipaparkan oleh Dr. Ir. Budiman Achmad, M.Sc
2. Potensi Pengembangan HHBK Jenis Ketak dengan Pola Agroforestry Dalam Rangka Mendukung Pengelolaan Kawasan Lindung yang dipaparkan oleg Devy P. Kuswantoro, ME.
3. Diskusi teknologi Budidaya dan Pasca Panen Bambu di Priangan Timur Jawa Barat oleh Eva Fauziyah, S. Hut., Msc
 
Sementara kelti SDLh menyampaikan 2 (dua) judul penelitian yakni :
1. Penerapan Model agroforestry Tanaman Hutan penghasil Sumber pangan (Umbi-umbian) dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan Lokal di Jawa Barat dan KPHP Yogyakarta yang dipaparkan oleh Aji winara, S. Hut., M.Sc 
2. Peningkatan Produktifitas Lahan dengan Pola Agroforestry Berbasis kayu Energi di KPHP batu Lanteh, Sumbawa, NTB yang dipaparkan oleh Yonky Indrajaya, S. Hut., M.Sc
 
Sesi terakhir paparan disampaikan oleh tim kelti Silvikuiltur dengan judul :
1. Penerapan Model Agroforestry Tanaman Hutan Penghasil Sumber Biofuel (Nyamplung dan Malapari)
2. Penerapan Model Agroforestry Tanaman Hutan Penghasil Obat Jenis Jamblang yang dipaparkan oleh Aris Sudomo, S. Hut., M.Si
 
Acara pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg) ini diikuti oleh lebih dari 30 (tiga puluh) orang peserta yang terdiri dari peneliti, teknisi, struktural lingkup BP2TA Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VI Tasikmalaya dan Cabang Dinas Kehutanan VII Ciamis serta dihadiri perwakilan dari  Puslitbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) Bogor selaku instansi Pembina.
 
Setelah dilakukan paparan oleh  masing-masing tim kegiatan, dilakukan diskusi dan pemberian saran dari  tim pembahas internal yang dapat digunakan sebagai bahan  perbaikan dan penyempurnaan LHPt dan LHPg tersebut. 
 
Dalam closing statement acara pemabahasan di hari pertama, Kepala Balai, Bagus Novianto, S. Hut, MP kembali menekankan bahwa hasil dari kegiatan litbang  periode renstra 2015-2019, BP2TA  bisa menghasilkan outcome tidak hanya karya tulis ilmiah yang tersebar di jurnal-jurnal terakreditasi maupun seminar-seminar tetapi juga bisa memproduksi hasil litbangnya dalam bentuk policy brief karena menurutnya agroforestry masih merupakan isu utama yang mampu berperan memberikan solusi dalam upaya-upaya konservasi kawasan, pemulihan lingkungan dan pemulihan DAS. Selain itu beliau juga berpesan agar demplot yang sudah ada tetap perlu mendapat perhatian ekstra berupa pemeliharaan karena sewaktu-waktu bisa dilihat kembali sebagai show window hasil penelitian kita.
 
  Judul Berita
BP2TA Selenggarakan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg)
Semarak Kebersamaan Pegawai BP2TA dalam Rekonsiliasi Internal
Model Agroforestri Jaga Konservasi dan Hasilkan Investasi
HUTAN PENELITIAN CIGERENDENG MENJADI AJANG PRAKTEK DAN WISATA EDUKASI
BALAI LITBANG TEKNOLOGI AGROFORESTRY TURUT SERTA MENSUKSESKAN The 5 th International Conference of Indonesia Forestry Researchers (INAFOR)
Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis Terima Kembali Praktek Kerja Lapangan Siswa SMKN 4 Garut
Ajang Diseminasi Iptek Agroforestri, BP2TA Ikuti Pameran Hari Krida Pertanian Kabupaten Ciamis Tahun 2019
Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Lingkup BP2TA: Kita Indonesia, Kita Pancasila
Puncak Semangat Ramadhan di Kantor (SemaRaK) BP2TA
Siswa SMP Terpadu Al Hasan Ciamis Outing Class ke Hutan Penelitian Cigerendeng dan Arboretum Balitbang Teknologi Agroforestry


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis