KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN
Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id
  Beranda | Profil | Publikasi | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

31-10-2019.120002 | Dilihat : 1976 x
Model Agroforestri Jaga Konservasi dan Hasilkan Investasi

(BP2TA Ciamis, 24/10/2019)_ Salah model Agroforestri  Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Agroforestry (BP2TA)  Ciamis adalah Penerapan Model  Agroforestri Kayu Pertukangan Jenis Sengon dan Manglid dengan pola agroforestri multistrata. Pola agroforestri dengan olah tanah yang minimum dan tutupan vegetasi sepanjang tahun cocok untuk di kembangkan di dataran tinggi seperti  di desa Cukangkawung, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya yang rata-rata ketinggiannya 850 meter  dari permukaan laut (dpl) . 

Model ini di bangun sejak tahun 2015 di lahan desa yang semula berupa monokultur dengan jenis tanaman teh. Banyak tantangan dan hambatan dalam membangun model pola monokultur ke pola  agroforestri ini karena lahan sudah tidak produktif karena kesuburan menurun akibat erosi serta budaya masyarakat yang terbiasa pola monokultur teh.

Tim peneliti BP2TA yang di ketuai Aditya Hani, S.Hut., M.Sc telah merubah pola tanam monokultur tersebut menjadi pola agroforestri ini dengan tanaman pokok jenis Manglid dan Sengon yang merupakan jenis kayu yang cocok ditanam di daerah tinggi serta tanaman bawah tegakan berupa kopi, kapulaga, nanas, pisang, talas, singkong, sayuran dll.

Saat ini menjelang tahun keempat sudah terlihat jenis tanaman pokoknya tumbuh tinggi dan besar . Begitu pula jenis tanaman bawah tegakannya sudah menghasilkan untuk memenuhi konsumsi dan menambah pendapatan masyarakat penggarap dalam kelompok tani Putra Saca Wahid. Lukman salah satu petani penggarap sudah mengolah hasil dari lahan agroforestri untuk membuat berbagai jenis makanan seperti kerupuk, sale, kacang goreng hingga dipasarkan ke beberapa warung sekitar desa.

Harapan ke depan lokasi ini terus di arahkan ke pengembang hasil produktifitas jenis tanaman bawahnya , yaitu kapulaga serta kopi yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa serta diversifikasi produk olahan singkong ,pisang dan sayuran. Disisi lain  desa Cukangkawung ini memiliki lahan dengan topografi yang berbukit perlu di jaga dalam hal perlakuan konservasi nya yaitu dengan pola tanam model agroforestri ini agar kemungkinan terjadinya longsor dan banjir bisa di minimalisir.

  Judul Berita
Serah Terima Surat Keputusan Jabatan Fungsional Khusus Pengendali Ekosistem Hutan
Prinsip Pengelolaan Hutan Dengan Agroforestri
Perkuat Program Kerja, BPSILHK Ciamis Berkoordinasi dengan Stakeholder Terkait di Provinsi Jawa Tengah
Sosialisasi dan Pelaksanaan Model Andil Garapan Kelompok Perhutanan Sosial di Kabupaten Bandung
Kunjungan Bupati Luwu ke Bank Sampah Ciamis
Transisi Pengelolaan KHDTK Litbang Gombong
Anniversary BSILHK Ke 1: BPSILHK Ciamis Melakukan Uji Emisi Kendaraan Dinas
Atas Dedikasinya, ASN BPSILHK Ciamis Memperoleh Penghargaan Satyalancana Karya Satya
Peringati Hari Lingkungan Hidup, BPSILHK Ciamis Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah Anorganik
Bergerak Bersama dalam Bingkai “Satu Bumi untuk Masa Depan”


Created By @Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Ciamis