KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN
Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id
  Beranda | Profil | Publikasi | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

16-03-2021.142812 | Dilihat : 661 x
Partisipasi Balai Litbang Teknologi Agroforestry (BPPTA) Ciamis Dalam Rangkaian Hari Bhakti Rimbawan 2021
(Ciamis, 16/03/2021)_Bulan Maret menjadi bulan istimewa bagi segenap anggota keluarga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Mengapa? Karena tanggal 16 Maret diperingati sebagai Hari Bakti Rimbawan dan 21 Maret diperingati sebagai Hari Hutan Sedunia.
 
Untuk diketahui bahwa Rangkaian Hari Bhakti Rimbawan ke-38 Tahun 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi corona. Sehingga tema yang diusung pun adalah Terus Berbakti di Tengah Pandemi untuk Lingkungan dan Hutan Lestari.
 
Rangkaian Hari Bhakti Rimbawan (HBR) ke-38 Tahun 2021 dimulai dengan acara penanaman di Persemaian Permanen dan Modern di Rumpin Bogor pada hari Sabtu (13/03/2021). Acara selanjutnya adalah Renungan Suci yang digelar di Tugu Pahlawan Rimbawan, di Kompleks Perkantoran Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Bogor pada hari Senin (15/03/2021).
 
Balai Litbang Teknologi Agroforestry (BPPTA) Ciamis dalam acara renungan suci tersebut turut hadir secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan youtube Badan Litbang dan Inovasi. Dalam renungan tersebut, Menteri Siti menyampaikan arahannya bahwa Tradisi Renungan Suci dalam Peringatan Hari Bakti Rimbawan harus terus konsisten diadakan. Hal ini dianjurkannya sebagai refleksi dari para Rimbawan agar selalu berpijak pada landasan jati diri Rimbawan dalam melaksanakan tugasnya, mengingat risiko kerja seorang Rimbawan yang cukup besar.
 
Nilai-nilai dari dasar Rimbawan yaitu: Jujur, Tanggung Jawab, Disiplin, Ikhlas, Visioner, Adil, Peduli, Kerja Sama, dan Profesional. Rasa tanggung jawab, peduli, dan ikhlas adalah sebagai penciri dari Rimbawan harus melekat pada dirinya dalam melaksanakan tugas di berbagai medan ruang tugas yang sangat beragam tingkat kesulitannya, tegas Menteri Siti.
 
Rangkaian HBR selanjutnya adalah Upacara Hari Bhakti Rimbawan yang digelar di Kompleks Manggala Wana Bhakti yang juga diikuti secara live oleh rimbawan KLHK di seluruh Indonesia baik melalui aplikasi zoom meeting maupun media sosial youtube. Upacara HBR tersebut, dipimpin langsung oleh Menteri LHK-Siti Nurbaya Bakar- sekaligus menjadi Inspektur upacara.
 
Dalam sambutannya, Menteri LHK menyatakan bahwa perubahan sudah nyata di hadapan kita bersama, dan sebagai pimpinan jajaran KLHK saya mengajak kita semua mencermati dengan sebaik-baiknya, melakukan internalisasi dan terus mempersiapkan berbagai instrumen kebijakan dan instrumen kerja termasuk membuat personil KLHK lebih well-equiped, lebih melengkapi dirinya dengan segala pengetahuan dan pemahaman kerja serta skill lapangan yang memenuhi standar untuk memenuhi kebutuhan panggilan tugas.
 
Lebih lanjut Siti menyatakan bahwa menjaga kelestarian hutan dalam mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan yang berkelanjutan, menurutnya sangat beresiko tinggi bagi keselamatan jiwa, terutama para rimbawan yang bertugas langsung di lapangan.  Medan yang berat, bencana yang tidak terduga, dan kompleksitas masalah, harus disikapi dengan semakin meningkatkan profesionalitas rimbawan. 
 
Perubahan yang sedang terjadi salah satunya di Badan Litbang dan Inovasi (BLI). Namun perubahan itu tidak akan menghapus jati diri rimbawan. Ini merupakan salah satu  refleksi cara mengelola perubahan di Kementerian LHK, yang tuntutannya begitu besar, tantangannya juga tidak kecil. Sembilan nilai dasar sebagai pijakan rimbawan sejati tetap harus tetap menjadi pedoman. 
 
Berkenaan perubahan organisasi tersebut, Kepala BLI, Dr. Agus Justianto dalam laporannya menyampaikan bahwa BLI  mengemban tugas dari Menteri LHK terkait terbitnya Perpres nomor 92 tahun 2020 tentang Kementerian LHK dan Perpres Nomor 50 tahun 2020 tentang Kementerian Ristek/BRIN. 
 
Secara marathon BLI menyiapkan konsep-konsep lembaga dan organisasi Badan Standarisasi Instrumen (BSI) LHK, serta penyiapan transfer BLI ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),ungkap Agus. 
 
  Judul Berita
Serah Terima Surat Keputusan Jabatan Fungsional Khusus Pengendali Ekosistem Hutan
Prinsip Pengelolaan Hutan Dengan Agroforestri
Perkuat Program Kerja, BPSILHK Ciamis Berkoordinasi dengan Stakeholder Terkait di Provinsi Jawa Tengah
Sosialisasi dan Pelaksanaan Model Andil Garapan Kelompok Perhutanan Sosial di Kabupaten Bandung
Kunjungan Bupati Luwu ke Bank Sampah Ciamis
Transisi Pengelolaan KHDTK Litbang Gombong
Anniversary BSILHK Ke 1: BPSILHK Ciamis Melakukan Uji Emisi Kendaraan Dinas
Atas Dedikasinya, ASN BPSILHK Ciamis Memperoleh Penghargaan Satyalancana Karya Satya
Peringati Hari Lingkungan Hidup, BPSILHK Ciamis Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah Anorganik
Bergerak Bersama dalam Bingkai “Satu Bumi untuk Masa Depan”


Created By @Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Ciamis