KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id
  Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

02-11-2021.215031 | Dilihat : 137 x
Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis Menerima Kunjungan Kerja Administratur Perum Perhutani KPH Ciamis
(BPPTA Ciamis, 2/11/2021)_Dalam rangka memperkuat pengelolaan kawasan hutan produksi melalui agroforestry di wilayah kerja KPH Ciamis, Balai Litbang Teknologi Agroforestry (BPPTA) Ciamis hari ini (02/11/2021) menerima kunjungan Administratur Perum Perhutani KPH Ciamis. Kedatangan Administratur Perum Perhutani KPH Ciamis – Sukidi – diterima langsung oleh Kepala Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis – Sumitra Gunawan –.
 
Dalam kunjungan tersebut, Sumitra menerima Sukidi untuk berdiskusi di ruang publik yang menjadi salah satu ikon BPPTA Ciamis yaitu Pojok Agroforestry.  Pada kesempatan diskusi tersebut, Sumitra menjelaskan tentang profil singkat Balai mulai dari nomenklatur Sub Balai Rehabilitasi Lahan dan Konservasi Tanah (RLKT), Loka Litbang Hutan Monsoon dan Balai Litbang Teknologi Agroforestry yang merupakan salah satu UPT tematik, dan saat ini sedang proses transisi untuk menjadi Balai Standardisasi dan Instrumen LHK Wilayah V.  Dalam diskusi ringan tersebut, Kepala Balai didampingi oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Kasi Data Informasi dan Sarana Penelitian – Diana Kusumawardhana – dan Ketua Kelompok Peneliti Sumber Daya Lingkungan dan Lahan (SDLH), - Endah Suhaendah-.
 
Kepala Balai menjelaskan bahwa dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan penelitian dan pengembangan terkait agroforestry lebih banyak dilakukan di wilayah Tasik dan Ciamis. “Padahal sebelum pandemi, kegiatan litbang agroforestry dilaksanakan di Pulau Jawa dan diluar Pulau Jawa diantaranya di Nusa Tenggara Barat (NTB) tepatnya di Sumbawa,” ujar Sumitra.
 
Lebih lanjut Kepala Balai menjelaskan bahwa tahun 2021 kegiatan litbang agroforestry fokus pada 5 (lima) judul kegiatan diantaranya judul model agroforestry berbasis tanaman hutan penghasil pangan untuk mendukung ketahanan pangan nasional.  Selain itu, produk agroforestry yang diteliti diantaranya porang, pengembangan talas beneng (Xanthosoma sp.) dan agroforestri bambu. Semuanya dilakukan di Ciamis. Kami juga sekarang sedang membangun demplot agroforestry di belakang areal kantor dengan komoditas utama buah-buahan terutama durian bawor dan pepaya di sela-sela tanaman berkayu yang telah tumbuh sebelumnya, pungkas Sumitra.
 
Sementara Sukidi juga menyampaikan informasi terkait penanaman umbi porang dan produk madu yang telah dilaksanakan oleh Perum Perhutani. Menurut Sukidi, Perhutani telah lama menanam umbi porang terutama Perhutani Divre Jawa Timur. “Banyak masyarakat yang menanam umbi porang pada lahan milik Perhutani tetapi tidak sampai mengganggu tanaman pokok”, ujar Sukidi.  Hal lain yang dibahas, Perum Perhutani KPH Ciamis mengharapkan adanya kerjasama pelibatan peneliti BPPTA Ciamis dalam penerapan agroforestry pada pengelolaan kawasan hutan produksi, ujar Sukidi.
 
Sebelum mengakhiri diskusi bersama Perhutani, Sumitra terlebih dahulu menyampaikan beberapa inovasi yang telah dihasilkan oleh peneliti BPPTA Ciamis diantaranya Inovasi mengenai Sidik Cepat Pemilihan Jenis Pohon untuk Petani Hutan Rakyat serta sejumlah publikasi yang diterbitkan oleh BPPTA Ciamis. 
 
Pada kesempatan tersebut juga, dibicarakan tentang upaya-upaya untuk meningkatkan jiwa korsa rimbawan melalui olahraga bersama. Mereka sepakat akan melakukan olah raga bersama dengan waktu yang akan ditentukan bersama mengingat fasilitas olahraga BPPTA Ciamis cukup lengkap seperti jogging track, lapangan badminton, lapangan volly, tenis lapangan serta tenis meja. Ciamis SELARAS.
 
 
 
 
  Judul Berita
Kolaborasi Stakeholder Ciamis Gelar “Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon”
"Krida Baktiku Hutan Lestariku" Semangat Saka Wanabakti Jawa Barat
BPPTA Ciamis dan ICRAF Membangun Demplot Agroforestry Untuk Peningkatan Fungsi Ekosistem dan Kesejahteraan Masyarakat di Gunungkidul
BPPTA Ciamis Meraih Penghargaan Satker Berkinerja Terbaik 2021
DWP BPPTA Ciamis Menggelar Semarak Hari Ibu
HMPI Lingkup BPPTA Ciamis : Lintas Generasi Melestarikan Alam
BPPTA Ciamis Turut Sukseskan HMPI 2021
Kejar Pencapaian Target Kinerja, BPPTA Selenggarakan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg)
BPPTA Ciamis Selenggarakan FGD Identifikasi Penerapan Standard Instrumen LHK
Pelaksanaan Identifikasi Standard dan Instrumen LHK oleh BPPTA Ciamis sebagai UPT BSILHK


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis