KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id
  Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

17-11-2021.160706 | Dilihat : 119 x
Pelaksanaan Identifikasi Standard dan Instrumen LHK oleh BPPTA Ciamis sebagai UPT BSILHK

(BPPTA Ciamis, 17/11/2021) _Dalam rangka mendukung tugas dan fungsi Badan Standardisasi dan Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK) sebagai unit eselon I baru Kementerian LHK sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 92 Tahun 2020 tentang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta dijabarkan ke dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 15 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Litbang Teknologi Agroforestry (BPPTA) Ciamis telah membentuk Tim Kerja Penyusunan Dokumen Persiapan Pembangunan Standard yang termasuk wilayah kerja Balai Standardisasi Instrumen LHK  Wilayah V meliputi Provinsi Jabar (selain Bogor, Depok dan Bekasi) dan Provinsi Jawa Tengah I meliputi Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Pemalang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kendal, Kabupaten Temanggung, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Purworejo.

Salah satu tugas dari tim kerja tersebut adalah mengumpulkan data dan informasi terkait  penerapan standard existing bidang LHK, mengidentifikasi kebutuhan standard yang akan diterapkan langsung dalam bidang LHK dan analisis/pemetaaan stakeholders yang terlibat langsung dalam penerapan standard yang telah ditetapkan dalam bidang LHK. Bidang LHK dimaksud adalah bidang pemanfaatan hutan, bidang pengelolaan limbah berbahaya dan beracun (B3), bidang pengelolaan air limbah, bidang pemanfaatan jasa lingkungan pada kawasan konservasi, bidang pemanfataan tumbuhan dan satwa liar dan bidang perbenihan tanaman hutan, sebagaimana diatur dalam Permen LHK Nomor 3 Tahun 2021 tentang Standard Kegiatan Usaha Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
 
Berdasarkan rapat internal balai yang diselenggarakan pada hari Senin, 1 November 2021, Kepala Balai dalam arahannya menginstruksikan kepada tim kerja untuk segera menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan dan dapat melaksanakan kegiatan sesuai tata waktu, lokasi dan instansi dituju yang telah disusun bersama. 
 
Untuk dapat segera memperoleh database penerapan standard existing bidang LHK, tim yang telah dibentuk melakukan kunjungan ke instansi yang terkait mulai tanggal 3 - 12 November 2021. Beberapa instansi yang dituju dan menjadi sumber data diantaranya Direktorat Perbenihan Tanaman Hutan Ditjen PDASRH, Dinas yang membidangi Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, perwakilan Bappeda Kabupaten, perwakilan dinas yang membidangi Lingkungan Hidup Kabupaten, Balai Besar KSDA Jawa Barat, Perum Perhutani dan instansi terkait lainnya.
 
Berdasarkan hasil pendataan sementara, telah terinput pelaku usaha kegiatan perijinan di Bidang LHK sebanyak 597 unit dan data akan terus bertambah mengingat data yang ada masih belum menggambarkan kondisi sebenarnya karena keterbatasan sampel daerah pengambilan data, terutama untuk perizinan yang dikeluarkan di level kabupaten. 
 
Adapun hasil kunjungan kelapangan diperoleh data dan informasi lain sebagai berikut : 
1. Terdapat Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk beberapa kegiatan terkait dengan pemanfaatan jasa lingkungan pada kawasan konservasi.
2. Terdapat Prosedur Kerja (PK) yang diterapkan pada BUMN yang bergerak disektor Kehutanan dan hasil wawancara diketahui bahwa terdapat kurang lebih 208 PK.
3. Terdapat 76 ijin usaha industri baru di Jawa Tengah bidang kehutanan, dengan kapasitas berkisar 1200 - 5990 dan bahan baku diperoleh dari Hutan Rakyat, Hutan Produksi, dan Perum Perhutani.
 
Penerapan standard untuk berbagai produk pada sektor lingkungan hidup dan kehutanan, diharapkan dapat memberikan berkontribusi positif bagi kelangsungan lingkungan hidup dan dunia usaha.
 
  Judul Berita
Kolaborasi Stakeholder Ciamis Gelar “Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon”
"Krida Baktiku Hutan Lestariku" Semangat Saka Wanabakti Jawa Barat
BPPTA Ciamis dan ICRAF Membangun Demplot Agroforestry Untuk Peningkatan Fungsi Ekosistem dan Kesejahteraan Masyarakat di Gunungkidul
BPPTA Ciamis Meraih Penghargaan Satker Berkinerja Terbaik 2021
DWP BPPTA Ciamis Menggelar Semarak Hari Ibu
HMPI Lingkup BPPTA Ciamis : Lintas Generasi Melestarikan Alam
BPPTA Ciamis Turut Sukseskan HMPI 2021
Kejar Pencapaian Target Kinerja, BPPTA Selenggarakan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg)
BPPTA Ciamis Selenggarakan FGD Identifikasi Penerapan Standard Instrumen LHK
Pelaksanaan Identifikasi Standard dan Instrumen LHK oleh BPPTA Ciamis sebagai UPT BSILHK


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis