KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id
  Home | Profil | Penelitian Kami | Publikasi | Prosiding | Kerjasama Penelitian | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

01-12-2021.160506 | Dilihat : 84 x
BPPTA Ciamis Selenggarakan FGD Identifikasi Penerapan Standard Instrumen LHK

(BPPTA Ciamis, 30/11/2021)_Dalam rangka persiapan dan tindak lanjut dari perubahan tugas dan fungsi Balai Litbang Teknologi Agroforestry Ciamis (BPPTA) yang akan menjadi salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Standardisasi Instrumen LHK (BSILHK) sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 92 Tahun 2020 tentang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Peraturan Menteri LHK Nomor 15 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BPPTA Ciamis menginisiasi penyelenggaraan kegiatan “Focus Group Discussion (FGD) Identifikasi dan Pemetaan Para Pihak Penerap dan Penerbit Standard Instrumen serta Perizinan Bidang LHK Balai Penerapan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSILHK) Wilayah V secara faktual dan virtual di gedung serbaguna BPPTA Ciamis pada Selasa (30/11/2021). 

Dalam sambutan acara FGD, Kepala Balai – Sumitra Gunawan – mengatakan bahwa tujuan dari penyelenggaraan FGD adalah untuk mendapatkan gambaran tentang jenis penerapan standard instrumen dalam penyelenggaraan perizinan bidang LHK (bidang pemanfaatan hutan, bidang pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun, bidang pengelolaan air limbah, bidang pemanfaatan jasa lingkungan pada kawasan konservasi, bidang pemanfataan tumbuhan dan satwa liar, dan bidang perbenihan tanaman hutan) sesuai Peraturan Menteri LHK Nomor 3 Tahun 2021 dan upaya pengawasan serta pengendaliannya.
 
Lebih lanjut Sumitra menyatakan bahwa sebelum FGD dilangsungkan, terlebih dahulu telah dibentuk Tim Kerja Penyusunan Dokumen Persiapan Pembangunan Standard di Wilayah Kerja BPSI LHK Wilayah V dengan Ketua Tim Dr. Asep Rohandi, S.Hut, M.Si. 
 
“Pada kesempatan ini, ketua tim akan memaparkan progres Penyusunan Dokumen Persiapan Pembangunan Standard yang dilakukan pada beberapa daerah yang termasuk dalam wilayah kerja BPSI LHK Wil V dan mulai terdata lebih dari 1000 pemegang izin Bidang LHK yang akan terus bertambah, jelas Sumitra. 
 
Beberapa materi paparan untuk mendukung FGD tersebut adalah sebagai berikut :
• Ringkasan hasil identifikasi standard instrumen dan perizinan Bidang LHK yang disampaikan oleh Dr. Asep Rohandi dari BPPTA Ciamis
• Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Pelaku Usaha Bidang Pemanfaatan Hutan yang disampaikan oleh Dr. Risno Murti Chandra, S.Hut., M.Sc. dari Direktorat Usaha Hutan Produksi KLHK
• Perizinan Bidang Kehutanan dan Jasa Lingkungan di Perum Perhutani ‘Tantangan dan Kendalanya’ yang disampaikan oleh Dadan Wahyu Wardhana dari Perhutani Divre Jabar Banten
• Jenis dan Penerapan Standard Instrumen dalam Perizinan Bidang Kehutanan di Provinsi Jabar ‘Tantangan dan Kendalanya’ yang disampaikan oleh Drs. Tulus T. Hapistaran Sibuea dari Dishut Prov Jabar
• Persetujuan Sektor Lingkungan Hidup di Kabupaten Ciamis yang disampaikan oleh Iwan Rarasmedi, ST., MT dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kab Ciamis.
 
Selama berlangsungnya FGD, terdapat beberapa saran masukan diantaranya :
• BPPTA Ciamis sudah mulai melangkah untuk melakukan identifikasi penerapan standard di wilayah kerjanya dan dalam menjalankan tugas & fungsi yang baru perlu penguatan jejaring kerja dengan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dan stakeholder yang lain.
• Aglomerasi wilayah kerja BPSI LHK Wilayah V dimana memisahkan sebagian Provinsi Jabar (Bogor, Depok, Bekasi) dan Provinsi Jawa Tengah I yang terdiri dari 18 Kab/Kota menjadi tantangan tersendiri dalam mengefektivitaskan manajemen data, koordinasi lintas sektoral dan pelaksanaan kegiatan lainnya.
• Masih banyak tantangan dalam pengusulan standardisasi  instrumen LHK dan perlunya keseragaman.  Sebagai contoh  pada Ditjen Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) terdapat standard instrument yang perlu segera disusun yaitu 1) Standar Instrumen (SI) Penilaian Kinerja PHPL; 2) SI penerapan Silvikultur Intensif; 3) SI Quick IHMB; 4) SI Ril/RIL-C; 5) SI Teknologi Informasi Pengelolaan Hutan; 6) SI Multisistem Silvikultur dan 7) SI Multiusaha kehutanan
 
Kegiatan FGD dipandu oleh Ir. H. Tiwa Sukrianto, MS selaku staf Ahli Bupati Ciamis Bidang Perencanaan Pembangunan dan sebagai salah satu rimbawan senior di Ciamis. Para peserta FGD baik faktual dan virtual berjumlah sekitar 60 orang yang berasal dari Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wil. VII Ciamis, CDK Wil. VI Tasikmalaya, CDK Wil. V  Tegal Jawa Tengah, Administratur KPH Perhutani Ciamis, Kepala Bidang KSDA Wil III BBKSDA Jabar, Balai TN Gn Ciremai Karyawan/ti BPPTA Ciamis baik yang WFO/ WFH.
 
Dalam pernyataan penutupnya, Kepala Balai -Sumitra Gunawan- selain menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para peserta virtual dan faktual, juga menyampaikan bahwa hasil dari kegiatan FGD ini dapat menjadi dokumen awal untuk pembuatan roadmap tahun 2022 seiring dengan berubahnya Tusi dari BPPTA menjadi BPSI LHK Wilayah V Ciamis.
 
Untuk diketahui bahwa wilayah kerja BPSI LHK Wilayah V Ciamis meliputi Provinsi Jawa Barat (selain Bogor, Depok dan Bekasi) dan Provinsi Jawa Tengah I meliputi Kab.Brebes, Kab.Cilacap, Kab.Banyumas, Kota Tegal, Kab.Tegal, Kab.Purbalingga, Kab.Kebumen, Kab.Pemalang, Kota Pekalongan, Kab.Pekalongan, Kab.Banjarnegara, Kab.Batang, Kab.Wonosobo, Kab.Kendal, Kab.Temanggung, Kota Magelang, Kab.Magelang, dan Kab.Purworejo.
 
Kegiatan FGD ini merupakan kegiatan follow up dari Tim Kerja Penyusunan Dokumen Persiapan Pembangunan Standard BPSILHK Wilayah V  yang sebelumnya telah melaksanakan pengumpulan data dan informasi kepada instansi terkait.
 
  Judul Berita
Kolaborasi Stakeholder Ciamis Gelar “Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon”
"Krida Baktiku Hutan Lestariku" Semangat Saka Wanabakti Jawa Barat
BPPTA Ciamis dan ICRAF Membangun Demplot Agroforestry Untuk Peningkatan Fungsi Ekosistem dan Kesejahteraan Masyarakat di Gunungkidul
BPPTA Ciamis Meraih Penghargaan Satker Berkinerja Terbaik 2021
DWP BPPTA Ciamis Menggelar Semarak Hari Ibu
HMPI Lingkup BPPTA Ciamis : Lintas Generasi Melestarikan Alam
BPPTA Ciamis Turut Sukseskan HMPI 2021
Kejar Pencapaian Target Kinerja, BPPTA Selenggarakan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHPt) dan Laporan Hasil Pengembangan (LHPg)
BPPTA Ciamis Selenggarakan FGD Identifikasi Penerapan Standard Instrumen LHK
Pelaksanaan Identifikasi Standard dan Instrumen LHK oleh BPPTA Ciamis sebagai UPT BSILHK


Created By @Balai Penelitian Teknologi Agroforestry (BTPA) Ciamis