KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN
Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id
  Beranda | Profil | Publikasi | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

07-12-2021.141404 | Dilihat : 174 x
BPPTA Ciamis Turut Sukseskan HMPI 2021

(BPPTA Ciamis, 07/12/2021)_Dalam rangka menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang biasa diperingati tanggal 28 November 2021, Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Agroforestry (BPPTA) Ciamis belum lama ini ikut berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan penanaman pohon di EduForest Hutan Kota Bekasi yang berlokasi di Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Sabtu (27/11/2021).

BPPTA Ciamis selain berpartisipasi dalam penanaman pohon, juga berkontribusi dalam pemberian nama pohon secara barcode.  Jenis pohon yang telah diberikan barcode di EduForest Hutan Kota Bekasi  berjumlah sebanyak 15 pohon yang terdiri dari jenis puspa, rasamala, kenari, kayu putih, nangka, menteng, buni, burahol, kupa, sawo kecik, mahoni, duwet/jamblang, namnam, petai dan matoa.

Dalam acara HMPI tersebut, Kepala Balai – Sumitra Gunawan – berkesempatan memberikan arahan kepada pegawai CDK Wilayah I untuk menjelaskan operasional penggunaan label barcode pohon. “Barcode yang dipasang pada pohon di lokasi tersebut nantinya akan terkoneksi dengan website Arboretum Ciamis yang dikelola oleh BPPTA Ciamis,” ujar Sumitra.

Jenis pohon yang ditanam dalam acara HMPI ini berjumlah sebanyak 200 pohon dimana jenis yang ditanam adalah jenis tanaman khas Jawa Barat seperti buni, namnam, burahol, duwet, dan lain-lain.

Agenda penanaman pada peringatan HMPI ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian dari kalangan masyarakat akan arti pentingnya pohon dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Selain itu, pada masa yang akan datang diharapkan lokasi ini dapat menjadi tempat khusus edukasi warga di sekitar Bekasi dalam pelestarian tanaman langka khas Jawa Barat.

Hadir dalam acara HMPI ini adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) – Dr. Bambang Hendromono -, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat –Ir. Epi Kustiawan, perwakilan CDK Wilayah I, Komda HAE IPB, Kelompok Pecinta Alam, Muspika dan masyarakat setempat.

Menjelang berakhirnya acara penanaman, panitia penyelenggara HMPI melakukan pengecekan areal EduForest Hutan Kota Bekasi menggunakan drone seluas 5.1 Ha yang akan diperuntukkan sebagai lokasi yang dicadangkan untuk system Agroforestry.
 
  Judul Berita
FGD (Focus Group Discussion ) Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai
Perkuat Program Kerja BPSILHK Ciamis dengan Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis dan Bank Sampah Induk Ciamis
BPSILHK Ciamis dan Peneliti BRIN Bekerjasama Dengan DWP BPSILHK Ciamis Melaksanakan Kegiatan "Semarak Ramadhan"
Perkuat Jejaring Kerja dengan BTN Gunung Ciremai
BPSILHK Ciamis Kaji Penerapan Standar Instrumen Pengelolaan Bank Sampah di Jabar
Sosialisasi Tusi BPSILHK Ciamis Dalam Upaya Membangun Sinergi dan Kolaborasi
Koperasi Daya Malar Raharja (DAMAR) Menggelar Rapat Anggota Tahunan 2021
Momen Kebersamaan Hari Bakti Rimbawan Ke-39 di Kabupaten Tasikmalaya
Sosialisasi SNI Pengelolaan Pariwisata Alam dan Peluang Penerapan Standar Pengelolaan Pariwisata Alam di Jawa Barat
BPSILHK Ciamis beserta Rimbawan Ciamis Melakukan Giat Penanaman Dalam Rangka Memperingati Hari Bakti Rimbawan


Created By @Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Ciamis