KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN
Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id
  Beranda | Profil | Publikasi | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

20-12-2021.140248 | Dilihat : 166 x
HMPI Lingkup BPPTA Ciamis : Lintas Generasi Melestarikan Alam

(BPPTA Ciamis, 20/12/2021)_Untuk mengimplementasikan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang selalu diperingati setiap tanggal 28 November,  Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Agroforestry (BPPTA) Ciamis melaksanakan aksi penanaman dan pelihara pohon di areal Kebun Benih Cimaragas pada hari Kamis (16/12/2021).

Acara penanaman dan pelihara pohon dipimpin langsung oleh Kepala BPPTA Ciamis,- Sumitra Gunawan-.  Dalam sambutan acara, Sumitra mengajak  dan menghimbau kepada Bapak/Ibu/Saudara/i yang hadir khususnya para generasi muda untuk selalu melakukan aksi penanaman dan pelihara pohon disetiap kesempatan. 
 
“Aksi penanaman dan pelihara pohon ini mengusung tema "Lintas Generasi Melestarikan Alam" dengan harapan agar setiap generasi manusia memiliki komitmen untuk melestarikan alam diantaranya melalui aksi penanaman dan pemeliharaan pohon. Sekecil apapun yang diperbuat oleh kita dalam melestarikan alam, insha Allah akan dibalas dengan kebaikan pula oleh Allah SWT, “ ujar Sumitra.  
 
Lebih lanjut Sumitra mengatakan bahwa jenis pohon yang ditanam di Kebun Benih Cimaragas adalah jenis Ganitri/Jenitri (Elaeocarpus ganitrus) yang memiliki manfaat ganda (kayu dan buah) sebanyak 230 anakan pohon. Antusiasme balai dalam mensukseskan HMPI tetap tinggi walaupun masih ditengah kondisi pandemi Covid-19 sehingga kegiatan penanaman dibatasi hanya sebanyak 35 orang.
 
Sementara dalam dialog, Dr. Asep Rohandi – salah seorang peneliti silvikultur sekaligus penanggung jawab Kebun Benih Cimaragas menjelaskan bahwa pemilihan jenis Ganitri/Jenitri pada acara penanaman ini karena tanaman ini kayunya memiliki nilai ekonomi tinggi untuk kayu pertukangan dan manfaat buahnya yang berwarna ungu dengan biji yang keras dan biasa digunakan sebagai manik-manik penyusun perhiasan. Biji Ganitri memiliki nilai ekonomis yang tinggi pula, sering dipergunakan untuk manik-manik gelang, anting-anting dan kalung serta nilai potensi ekspor.
 
Lebih lanjut Asep mengatakan bahwa kegiatan penelitian yang dilakukan oleh BPPTA Ciamis sebelumnya adalah terkait dengan Kajian Sebaran Populasi Ganitri di Jawa Barat dan Jawa Tengah serta Penelitian Integratif Unggulan (PIU) Jenis Ganitri meliputi aspek produksi benih, teknologi penanganan benih dan bibit serta teknik silvikultur. Diharapkan dari mahasiswa-mahasiswa yang hadir memiliki ketertarikan untuk melanjutkan riset ini.
 
Terkait pembangunan kebun benih Ganitri, Asep menjelaskan bahwa calon sumber benih Ganitri  dibangun melalui uji keturunan dengan materi genetik yang berasal dari beberapa lokasi di Jawa Barat. Harapan kedepannya, kebun benih Cimaragas ini akan diusulkan untuk sertifikasi sumber benih khusus Ganitri/Jenitri.
 
Sebagai informasi, pelaksanaan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) lingkup BPPTA Ciamis tahun 2021 ini tidak hanya dilaksanakan oleh karyawan karyawati Balai, namun  mengundang dari Yayasan Pojok Rakyat Nusantara yang anggotanya terdiri dari mahasiswa dan anak-anak muda milenial yang punya kepedulian tinggi terhadap kelestarian lingkungan hidup. Di samping itu, kegiatan ini juga melibatkan ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPPTA Ciamis (SG & DK). 
 
  Judul Berita
FGD (Focus Group Discussion ) Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai
Perkuat Program Kerja BPSILHK Ciamis dengan Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis dan Bank Sampah Induk Ciamis
BPSILHK Ciamis dan Peneliti BRIN Bekerjasama Dengan DWP BPSILHK Ciamis Melaksanakan Kegiatan "Semarak Ramadhan"
Perkuat Jejaring Kerja dengan BTN Gunung Ciremai
BPSILHK Ciamis Kaji Penerapan Standar Instrumen Pengelolaan Bank Sampah di Jabar
Sosialisasi Tusi BPSILHK Ciamis Dalam Upaya Membangun Sinergi dan Kolaborasi
Koperasi Daya Malar Raharja (DAMAR) Menggelar Rapat Anggota Tahunan 2021
Momen Kebersamaan Hari Bakti Rimbawan Ke-39 di Kabupaten Tasikmalaya
Sosialisasi SNI Pengelolaan Pariwisata Alam dan Peluang Penerapan Standar Pengelolaan Pariwisata Alam di Jawa Barat
BPSILHK Ciamis beserta Rimbawan Ciamis Melakukan Giat Penanaman Dalam Rangka Memperingati Hari Bakti Rimbawan


Created By @Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Ciamis