KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN
Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id
  Beranda | Profil | Publikasi | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

30-12-2021.082123 | Dilihat : 142 x
"Krida Baktiku Hutan Lestariku" Semangat Saka Wanabakti Jawa Barat

(BPPTA Ciamis, 29/12/2021)_Salam PRAMUKA. SALAM PRAMUKA. SALAM PRAMUKA. Hal tersebut berulangkali digelorakan oleh seluruh peserta yang hadir dalam peringatan Hari Jadi Satuan Karya Pramuka (Saka) Wanabakti Tingkat Jawa Barat ke-38 yang jatuh setiap tanggal 19 Desember yang dilaksanakan di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda pada Selasa (28 /12/ 2021).

 Dalam acara memperingati Hari Jadi Satuan Karya Pramuka (Saka) Wanabakti Tingkat Jawa Barat ke-38 tersebut yang dirangkaikan dengan pelaksanaan kegiatan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon, Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Agroforestry (BPPTA) Ciamis -Sumitra Gunawan- hadir langsung untuk berpartisipasi dalam kegiatan penanaman.

Saka Wanabakti adalah Satuan Karya dalam Gerakan Pramuka Indonesia yang memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang kehutanan dan lingkungan hidup serta menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam mengelola sumberdaya alam.  Saka Wanabakti Tingkat Provinsi Jawa Barat dibawah pimpinan saka Perum Perhutani Divre Jawa Barat-Banten.  Tema yang diangkat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah "Krida Baktiku Hutan Lestariku". Pada kesempatan tersebut, dalam rangka memeriahkan HUT Saka Wanabakti ke 38 dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh perwakilan Kwarda Provinsi Jawa Barat dan  Kepala Balai diberikan kesempatan untuk menyerahkan piagam penghargaan kepada Saka Wanabakti yang berprestasi.
 
Acara peringatan HUT Saka Wanabakti ke 38 ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat beserta jajarannya, perwakilan Kwarda Provinsi Jawa Barat, Kepala UPT KLHK di Provinsi Jawa Barat atau yang mewakili, Kwartir Cabang, Perum Perhutani Divre Jawa Barat dan Banten beserta jajarannya, media dan adik-adik pramuka. 
 
Sebagai wujud konkret terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup dan rasa cinta dan tanggung jawab dalam mengelola sumberdaya alam, selepas acara peringatan dilakukan penanaman jenis pohon berupa jenis Agathis damara di lokasi Tahura Djuanda dan penanaman jenis-jenis local sebanyak 200 pohon oleh adik-adik Saka Wanabakti.
 
Sebagai informasi, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda awalnya merupakan bagian areal dari kelompok Hutan Lindung Gunung Pulosari yang berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pertanian Nomor 575/Kpts/Um/8/1980 dirubah fungsinya menjadi Taman Wisata Alam (TWA) Curug Dago. Pada tanggal 14 Januari 1985 bertepatan dengan kelahiran Bapak Ir. H. Djuanda, TWA Curug Dago secara resmi berubah fungsi menjadi Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang merupakan Tahura pertama di Indonesia, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 1985. Tahura tersebut memiliki luas 526,98 hektare dan berada pada pengelolaan UPTD Tahura Juanda dibawah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. **(SG).
 
  Judul Berita
FGD (Focus Group Discussion ) Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai
Perkuat Program Kerja BPSILHK Ciamis dengan Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis dan Bank Sampah Induk Ciamis
BPSILHK Ciamis dan Peneliti BRIN Bekerjasama Dengan DWP BPSILHK Ciamis Melaksanakan Kegiatan "Semarak Ramadhan"
Perkuat Jejaring Kerja dengan BTN Gunung Ciremai
BPSILHK Ciamis Kaji Penerapan Standar Instrumen Pengelolaan Bank Sampah di Jabar
Sosialisasi Tusi BPSILHK Ciamis Dalam Upaya Membangun Sinergi dan Kolaborasi
Koperasi Daya Malar Raharja (DAMAR) Menggelar Rapat Anggota Tahunan 2021
Momen Kebersamaan Hari Bakti Rimbawan Ke-39 di Kabupaten Tasikmalaya
Sosialisasi SNI Pengelolaan Pariwisata Alam dan Peluang Penerapan Standar Pengelolaan Pariwisata Alam di Jawa Barat
BPSILHK Ciamis beserta Rimbawan Ciamis Melakukan Giat Penanaman Dalam Rangka Memperingati Hari Bakti Rimbawan


Created By @Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Ciamis