KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN
Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id
  Beranda | Profil | Publikasi | Sarana & Prasarana | Kontak Kami | Download | Galery

14-01-2022.195033 | Dilihat : 117 x
Kolaborasi Stakeholder Ciamis Gelar “Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon”
(BPSI LHK Ciamis, 14/01/2022)._Salam LESTARI!! Sebagai wujud kepedulian terhadap gunung, sungai, hutan rakyat dan sumber-sumber mata air, Kelompok Tani Hutan (KTH) Icakan Munggaran sebagai mitra FOKKUS (Forum Komunikasi Kepedulian Gunung Sawal) menggelar Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP) di Dusun Sukadana Blok Icakan Desa Sukawening Kec. Cipaku. Ciamis, Rabu, (12/01/2022). Lokasi kegiatan tersebut berada di Kaki Gunung Syawal.  
 
Dalam acara tersebut, Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Ciamis (BPSILHK Ciamis) bersama stakeholders lainnya turut berpartisipasi untuk mensukseskan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP). Di samping turut menanam, Kepala Balai, -Sumitra Gunawan- yang didampingi oleh peneliti memanfaatkan moment acara untuk menyampaikan pesan-pesan lingkungan dan memberikan informasi terkait tugas dan fungsi kantor baru BPSILHK Ciamis kepada stakeholder yang hadir mengingat BPSILHK Ciamis sebelumnya bernama Balai Litbang Teknologi Agroforestry yang mempunyai tusi melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang agroforestry. 
 
Sebagai wujud kolaborasi, hadir dalam acara tersebut Administratur Perhutani KPH Ciamis, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII Ciamis, Kepala BPSILHK Ciamis, Kalak BPBD Ciamis, Rektor Universitas Galuh, KTH Icakan Munggaran, FOKKUS, Ketua Forum DAS Ciamis, Kepala Desa Sukawening, perwakilan Dinas PRKPLH Ciamis, perwakilan Dinas Kominfo Ciamis, perwakilan Bidang KSDA III, perwakilan Polsek Cipaku, perwakilan Koramil dan stakeholder terkait.
 
Walaupun menempuh medan yang cukup berat untuk menuju lokasi, para tamu undangan dan stakeholder terkait memiliki semangat yang kuat untuk melaksanakan kegiatan penanaman pada 2 (dua) lokasi yaitu pada Kawasan Perum Perhutani Blok Cibuyut Petak 29 dan Hutan Rakyat Blok Icakan.  Pada areal Perum Perhutani, ditanam jenis Picung (Pangium sp.) yang dapat bermanfaat sebagai pengatur tata air.  Sedangkan di areal Hutan Rakyat yang telah didominasi oleh tanaman kopi, cabai, dilaksanakan pola agroforestry dengan tanaman keras yaitu sengon, alpukat, jambe, dan bibit pohon lainnya.
 
H. Endang selaku Ketua KTH Icakan Munggaran menyampaikan tujuan kegiatan tersebut untuk memotivasi pembentukan sikap terhadap rasa kebersamaan dan gotong-royong, mempertahankan kebudayaan Tatar Galuh Ciamis dari mulai segi pelestarian alam dan lingkungannya.  Harapan kedepannya dapat membuka destinasi wisata pegunungan yang baru dengan mengangkat potensi alam dan budaya lokal, pungkas Endang. ** (SG)
 
  Judul Berita
FGD (Focus Group Discussion ) Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai
Perkuat Program Kerja BPSILHK Ciamis dengan Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis dan Bank Sampah Induk Ciamis
BPSILHK Ciamis dan Peneliti BRIN Bekerjasama Dengan DWP BPSILHK Ciamis Melaksanakan Kegiatan "Semarak Ramadhan"
Perkuat Jejaring Kerja dengan BTN Gunung Ciremai
BPSILHK Ciamis Kaji Penerapan Standar Instrumen Pengelolaan Bank Sampah di Jabar
Sosialisasi Tusi BPSILHK Ciamis Dalam Upaya Membangun Sinergi dan Kolaborasi
Koperasi Daya Malar Raharja (DAMAR) Menggelar Rapat Anggota Tahunan 2021
Momen Kebersamaan Hari Bakti Rimbawan Ke-39 di Kabupaten Tasikmalaya
Sosialisasi SNI Pengelolaan Pariwisata Alam dan Peluang Penerapan Standar Pengelolaan Pariwisata Alam di Jawa Barat
BPSILHK Ciamis beserta Rimbawan Ciamis Melakukan Giat Penanaman Dalam Rangka Memperingati Hari Bakti Rimbawan


Created By @Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Ciamis